GOR Batu Batupang Solok Lokasi Aman Buat Pacaran

Posted: PMpTue, 03 Feb 2009 23:25:48 +000025Selasa 15, 2008 in Selayang Pandang
Tag:, ,

pacaranPacaran di sembarang tempat dapat merusak pandangan orang. Makanya, para remaja yang sedang berpacaran harus hati-hati. Jika tertangkap hansip, bisa berbahaya. Pacaran di lokasi Gelanggang Olah Raga (GOR) Batu Batupang, Kenagarian Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kab. Solok sedang diawasi Satpol PP Kab. Solok. Sanksi bagi yang kedapatan sedang pacaran di GOR akan dipermalukan dengan mengundang kedua orang tua sekaligus dikorankan fotonya. Ini dilakukan untuk antisipasi budaya pacaran yang tidak sehat tersebut tidak terjadi lagi di Kab. Solok.

Untuk membuat efek jera pelaku, sebaiknya Satpol PP mengundang wartawan dan ambil fotonya untuk dipampangkan di koran. Jika perlu undang orang tuanya, foto, dan masukan ke koran, tegas Bupati Solok H. Gusmal Dt. Rj. Lelo, SE, MM pada sejumlah wartawan pada acara minum kopi pagi di kafe Srosuka, Kamis (3/12) pekan lalu. Acara ini juga dihadiri Kepala Kantor Satpol PP Drs. Asril, MM. Dalam acara santai tersebut Kakan Satpol PP Asril melaporkan kepada Bupati Solok bahwa lokasi GOR Batu Batupang memang sering digunakan oleh remaja pacaran bahkan ada yang berbuat macam-macam. Namun Satpol PP terus melakukan razia, bahkan yang tertangkap sedang pacaran atau “indehoi” di lokasi tersebut telah ditangkap, diinterogasi dan disuruh membuat surat perjanjian diatas materai Rp. 6000. Setelah itu mereka dilepaskan lagi, karena tidak ada bukti yang bersangkutan berbuat macam-macam.

Namun, Bupati Solok menimpali agar mereka jera, maka sanksi yang diberikan harus lebih keras. Jika perlu remaja yang pacaran itu dipanggil orang tuanya, kemudian diundang wartawan untuk memfotonya dan harus dikeluarkan di koran. Sebab, kalau hanya surat perjanjian saja, mereka tidak akan kapok. Tapi jika dipermalukan di koran, maka hal ini akan menimbulkan efek jera bagi pelakunya. “Juga akan memberikan petakut bagi remaja lainnya”, ujar Gusmal.

Lokasi GOR memang sering digunakan remaja untuk pacaran. Bahkan di sekitar lokasi ditemukan kondom, yang mengindikasikan adanya perbuatan macam-macam. Hal ini telah menjadi rahasia umum dan membuat masyarakat sekitar menjadi resah. Namun, setiap kali Satpol PP mengadakan razia ada yang tertangkap ada juga yang tidak. Bagi yang tertangkap hanya diberikan teguran dan membuat surat perjanjian saja. Itupun tidak ada diekspos melalui media, sehingga tidak diketahui oleh masyarakat umum.

Menurut Bupati, langkah ke arah penertiban wajib dilakukan agar daerah ini aman dari perbuatan maksiat. Perbuatan maksiat, judi, narkoba dan sejenisnya, selain dapat merugikan korban juga dapat memberikan dampak negatif kepada daerah. Dari segi agama akan dapat murka dari Allah SWT.

Lokasi dan perbuatan yang tidak sesuai budaya Minangkabau dan tidak sesuai agama di Kab. Solok harus dicegah. Salah satu cara mencegahnya adalah dengan memberitakn remaja yang tertangkap basah sedang pacaran disertai foto mereka”, ujar Gusmal. Ini dilakukan agar ada efek jera, karena akan dibaca oleh semua orang, termasuk akan mempermalukan keluarga pelaku.

Komentar
  1. zamrul mengatakan:

    Solok adalah daerah yang religious
    GOR batu batupang sering dijadikan tempat pelaksanaa MTQ
    oleh karena itu ,
    Pengawasan tidak hanya dilakukan oleh Polres, Polsek maupun Satpol PP
    masyarakat sekitar juga harus aktif mengawasi kegiatan anak2 muda di GOR kebangaan kita ini………..

  2. katir mengatakan:

    mang generasi muda sekarang banyak yang ngawur….
    dan menyalah artikan sebuah pacaran….
    huuh…………………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s